Road to KTT ASEAN - RoK (Republic of Korea) di Busan


Seperti yang sudah banyak diberitakan di media massa maupun media sosial, tanggal 25-27 November tahun ini akan diadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - Republic of Korea (RoK) di Busan. Acara ini pada dasarnya diselenggarakan dalam rangka merayakan peringatan 30 tahun kemitraan dialog antara negara-negara ASEAN dan juga Republik Korea. Mengingat pentingnya dan besarnya acara ini, ada banyak sekali acara-acara yang diadakan dalam menyambut event besar ini.

Di Indonesia sendiri, Kedutaan Korea menetapkan program "bebas biaya visa" selama Oktober-Desember sehingga turis biasa maupun orang-orang yang khusus ke Korea untuk mengikuti KTT ASEAN-RoK ini akan lebih ringan dalam pembuatan visa berkunjung. Selain itu, pada saat Kedutaan Korea melaksanakan program "TeKo Nang Jawa", KTT ASEAN-RoK ini juga sudah digembor-gemborkan bersama materi promosi lainnya.

Di Korea sendiri, sebagai tuan rumah, ada banyak sekali acara yang diadakan seperti konser ASEAN FANTASIA, ASEAN-RoK Food Street, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya acara dan program yang diadakan, KOREA Welcomes ASEAN! ASEAN Welcome Week adalah program yang menarik perhatian saya. Program ini seperti bentuk sambutan dari Korea bagi peserta KTT dan juga turis-turis  khususnya yang datang dari negara-negara ASEAN mulai dari tanggal 20 November hingga 11 December.

Dalam program ini, ada beberapa orang yang fasih berbahasa Inggris, Thailand, Vietnam, dan Malaysia ditugaskan di imigrasi checkpoint bandara Incheon untuk membantu turis-turis dari Asia Tenggara melewati proses pemeriksaan imigrasi dengan baik. Selain itu, Tourist Information Center di Bandara Incheon, Bandara Gimhae, Haeundae dan Myeongdong akan menyediakan kupon diskon dan suvenir. Selain itu, 1330 Korea Travel Hotline juga menyediakan jasa interpretasi dengan gratis.
Diskon kupon yang disediakan pun berlaku untuk 58 atraksi dan tempat wisata bagi turis ASEAN.
Menarik bukan?

Dengan persiapan yang cukup besar, ditambah dengan hadirnya kepala-kepala negara yang berpartisipasi, semoga perhelatan akbar ini dapat berjalan dengan lancar dan juga dapat lahir kebijakan/perjanjian yang positif bagi semua negara terlibat.

Kimcheers!

Comments