EXIT, Film Ringan Tentang Bencana



Bisa dibilang saat ini Korea menjadi pusat perhatian dunia karena luar biasanya pemerintah dan warga Korea dalam menghadapi bencana seperti pandemik virus COVID-19 yang saat ini terjadi. Mulai dari diadakannya rapid test yang benar-benar membuat banyak orang di Korea menjadi tahu status kesehatannya akan COVID-19, metode pengecekkan drive-thru, loket tangan, pembagian masker kepada penduduk di Korea, hingga santunan kepada keluarga ekonomi cukup rendah yang terdampak. Penangan yang sangat terorganisir dengan baik ini banyak dibilang memang sudah sesuai dengan budaya keseharian mereka yang biasa dikenal dengan ppali-ppali atau cepat-cepat. Lihat saja, banyak sekali inovasi yang dilakukan Korea untuk menangani "bencana" yang sekarang terjadi, yang datang secara mendadak ini.

Ditengah ramainya pemberitaan mengenai Korea, aku teringat dengan salah satu film yang aku tonton  tahun lalu dengan judul EXIT. Film dengan pemeran utama Im Yoona dan Jo Jungsuk ini bercerita bagaimana mereka bisa survive dari bencana yang saat itu terjadi. Walaupun ceritanya mengenai bencana gas beracun, man-made disaster, namun disini benar-benar ditunjukkan bagaimana Korea memiliki sistem yang sangat bagus dalam hal mitigasi dan penanganan bencana, seperti bagaimana baiknya mereka menangani pandemik COVID-19 ini. Melalui film ini, kita juga dapat belajar hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan jika kita dihadapkan pada kondisi-kondisi darurat, sesederhana memberi peringatan SOS kepada tim penyelamat.

Walaupun berangkat dengan tema besar mengenai bencana, ceritanya dikemas dengan komedi yang tiada henti dari awal hingga akhir film. Memang akan ada banyak scene intense didalamnya yang membuat kita bersimpati pada pemeran utama, tetapi tanpa disangka setiap ketegangan akan selalu diakhiri tawa.

Disaat banyak kegiatan DiRumahAja belakangan ini, tidak dipungkiri rasa bosan datang menghampiri banyak orang. Aku pribadi merekomendasikan film EXIT ini untuk ditonton karena bisa mengurangi stress kita sejenak dengan komedi yang dihadirkan, di sisi lain kita juga bisa belajar mengenai mitigasi bencana dan tanggap darurat dari Korea.


Kimcheers! :D

Comments

Post a Comment