Asal Usul Sumpit Korea


Pasti sudah pada familiar kalau sumpit Korea terbuat dari metal. Mungkin ada yang pernah lihat dari drama Korea, atau pernah memakainya waktu makan di restoran Korea, atau bahkan ada yang punya sumpit Korea ini di rumah. Akan tetapi, pernah gak sih kalian bertanya-tanya kenapa sumpit Korea terbuat dari metal? Kenapa sumpit Korea berbeda bahan dari negara-negara Asia Timur lainnya seperti China dan Jepang? 


Selidik punya selidik, ternyata ada cerita dibalik pemilihan bahan untuk membuat sumpit Korea. Sumpit sendiri awalnya berasal dari negara China, lalu tersebar luas ke Jepang dan Korea. China dan Jepang memakai bahan dasar natural alias berasal dari alam misalnya seperti kayu dan bambu. Sementara Korea, memakai metal atau perak.


Pada zaman dahulu kala, kerajaan di Korea dipercaya menggunakan perak murni sebagai bahan dasar untuk alat makan mereka termasuk sumpit. Pemilihan bahan dasar ini bukanlah semata-mata agar terlihat mewah karena yang menggunakannya adalah orang-orang di kerajaan, tetapi lebih daripada itu, bahan dasar perak murni ini bisa menjadi alat bantu bagi raja untuk mengetahui apakah makanan mereka diracun atau tidak. Sumpit yang terbuat dari metal atau silver ini akan berubah warna jika bersentuhan dengan makanan yang telah diracun, sehingga perubahan warna ini dapat menjadi tanda supaya makanan tersebut tidak dimakan oleh sang raja. Karena hal ini lah alat makan di Korea dibuat dengan bahan dasar metal atau perak hingga saat ini walaupun penggunaannya saat ini sebatas hanya untuk makan, bukan untuk mendeteksi apakah makanan yang akan dimakan mengandung racun atau tidak. Cerita ini aku dapatkan dari tour guideku di Korea yang masih aku ingat sampai sekarang.


Sebagai orang yang tadinya lebih terbiasa menggunakan sumpit kayu, aku merasa penggunaan sumpit Korea ini jauh lebih susah. Memang sumpit terbuat dari metal ini lebih mudah dibersihkan dan terlihat lebih mewah, tetapi butuh waktu untuk dapat terbiasa menggunakannya karena cenderung lebih licin saat menggunakannya. Beberapa sumpit Korea yang ada di pasaran saat ini untungnya banyak yang sudah membuat grip di ujungnya untuk mengurangi licin saat mengambil makanan. Walaupun cukup susah, tapi rasanya kurang afdol kan kalau makan makanan Korea tetapi tidak pakai sumpit dari metal? Hehehe… 


Apakah kalian sudah lihai memakai sumpit Korea? 


Kimcheers! :)



Comments

  1. Pantes kalau di drama drama seringnya pake yg jenis ini yaa

    ReplyDelete
  2. aku paling suka sih sumpit korea, pas banget dipegangnya, plus, berasa lebih higienis aja gitu hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment