5 Tempat Terbaik untuk Menikmati Matahari Terbit di Seoul


Dari banyaknya aktivitas saat berlibur ke Korea, ada 1 hal yang sangat ingin aku lakukan tetapi belum terwujud yaitu menikmati matahari terbit di Seoul. Sebenarnya, terakhir kali aku mengunjungi Korea, aku punya waktu untuk mengeksplor Seoul di pagi hari dikarenakan hari itu adalah hari terakhir aku di Korea sebelum akhirnya pada siang hari harus ke Bandara Incheon untuk pulang ke Indonesia. Karena keinginan menikmati Seoul di pagi hari ini datangnya mendadak, aku mengalami kesulitan saat tiba-tiba harus cari-cari informasi dan dikejar-kejar waktu karena momen terbitnya matahari pastinya berlangsung sangat cepat. Terlebih lagi, aktivitas ini bisa dibilang cukup anti-mainstream bagi turis saat berada di Seoul. Pada saat itu, akhirnya aku memutuskan untuk sarapan Haejangguk di salah satu restoran yang buka 24 jam di dekat Gwanghwamun Square karena tak kunjung mendapatkan informasi yang jelas.

Menikmati matahari terbit ini sebenarnya adalah tradisi orang Korea, yang biasanya dilakukan saat tahun baru sebagai pertanda memulai hidup yang baru. Tetapi, menikmati matahari terbit ini tentunya tidak harus saat tahun baru saja ya. Setelah mencari informasi disana-sini, ternyata menikmat matahari terbit bisa dilakukan di Seoul. Ada beberapa tempat rekomendasi VisitSeoul kalau teman-teman ingin melakukannya, seperti : 


1. Gunung Gaehwa

Letaknya ada di antara Haengju Fortress dan Sungain Han. Tempat ini juga terkenal akan pemandangan Sungai Han yang indah dan juga kita bisa menikmati Gunung Bukhan secara bersamaan. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang mudah dilalui dan salah satu tempat favorit untuk menikmat matahari terbit tidak hanya saat tahun baru, melainkan juga saat festival-festival lainnya. 


2. Ansan Bongsudae

Walaupun namanya Ansan, tempat ini bukan terletak di Gyeonggido, melainkan di Seodaemun-gu, Seoul. Tempat ini juga mudah diakses dan memiliki jalur pendakian yang mudah dilalui. Pemandangan matahari terbit disini berbeda dari biasanya karena latar belakangnya adalah gedung-gedung perkotaan. Di area belakang kantor Seodaemun-gu District juga dijual snack-snack Korea, tteokguk, dan juga tentunya spot untuk berfoto. Oh ya, lokasi syuting drama "Misaeng" juga disini lho!
Alamat : San-1 Bongwon-dong, Seodaemun-gu, Seoul


3. Mongchontoseong (Manwol-bong)

Mongchontoseong (Manwol-bong) direkomendasikan untuk teman-teman yang tidak terbiasa mendaki gunung. Tempat ini bukan di pegunungan, sehingga bisa dengan mudah diakses dari Stasiun Hanseong Baekje (Line 9) dan Stasiun Mongchontoseong (Line 8). Tempat ini menawarkan area terbuka dimana pengunjung dapat dengan mudah menikmati matahari terbit. Tempat ini juga sebenarnya terkenal untuk menikmati langit malam. 
Manwol-bong sendiri memiliki arti "Puncak untuk melihat bulan". Tempat ini juga popular pada zaman Joseon untuk menulis puisi mengenai bulan. 
Alamat : 424, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul (Olympic Park)


4. Taman Haneul

Mungkin sudah banyak yang tau tentang taman ini karena bisa dibilang Taman Haneul merupakan tujuan utama banyak turis saat berkunjung ke Korea. Cukup dengan naik kereta bawah tanah, keluar melalui Exit 1 Stasiun World Cup Stadium (Line 6) dan kita bisa sampai di Taman Haneul. Mungkin karena mudah diakses dan tidak perlu banyak jalan menanjak, tempat ini juga populer untuk anak-anak. Taman Haneul juga menyajikan pemandangan matahari terbit yang unik dengan padang silver grass yang sangat luas. Matahari akan terbit dari arah Gunung Bukhan dan akan lebih baik jika datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik. Dari tempat ini, kita bisa menikmati matahari terbit disertai juga pemandangan Sangam Stadium, Seongsan Bridge, dan juga Yeouido. 
Alamat : 95 Haneulgongwon-ro, Mapo-gu, Seoul


5. Gunung Acha

Tempat ini terletak paling timur di Seoul sehingga kita bisa menikmati matahari terbit lebih awal di Seoul. Jalur pendakian hingga ke puncak pun mudah dilalui bahkan bagi mereka yang baru terbiasa untuk hiking. Spot terbaik untuk menikmati matahari terbit disini di keempat puncak gunungnya dan di plaza untuk melihat matahari terbit ditengah area. Untuk mencapai tempat ini, hanya tinggal berjalan 20 menit saja dari Stasiun Acha. 
Alamat : 290, Yeouidong-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul. 

Dari kelima rekomendasi di atas, mana yang jadi favorit kalian? 

Kimcheers!


Source of articles and photos : Visit Seoul website

Comments